Minggu, 09 Januari 2011

Rangkuman IBD BAB III

RANGKUMAN IBD BAB III

KONSEP ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTERAAN

A. PENDEKATAN KESUSASTERAAN
IBD semula dinamakan Basic Humanities, yang berasal dari bahasa inggris “The Humanities” yang berarti manusiawi, berbudaya, dan halus. Jadi The Humanities berkaitan dengan maslah nilai yaitu nilai kita sebagai homo humanus.
Pada umumnya The Humannities mancakup filsafat, teologi, seni dan cabang-cabanagnya termasuk sastra, sejarah, cerita rakyat dan sebagainya. Oleh karena itu ada yang menterjemaahkan bahwa The Humanities menjadi ilmu-ilmu kemanusiaan, ada juga yang menterjemaahkan menjadi pengetahuan budaya.
Hampir disetiap jaman, seni termasuk sastra yang memegang peranan penting dalam the humanities. Ini terjadi karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan, dan bukannya formulasi milai-nilai kemanusiaan seperti yang terdapat dalam filsafat atau agama. Karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normative. Seni lebih mudah berkomunikasi. Karena tidak normative, nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel.
Sastra mempunyai peranan sangat penting karena sastra mempergunakan bahasa,sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk manampung semua kegiatan manusia . Dengan demikian manusia dan bahasa pada hakikatnya adalah satu. Kenyataan inilah mempermudah sastra untuk berkomunikasi. Sastra juga didukung oleh cerita, dengan cerita orang lebih mudah tertarik dan dengan cerita orang lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya.
Karena seni memegang peranan penting, maka seniman sebagai pencipta karya seni juga penting. Meskipun yang lebih penting adalah karyanya. Seniman adalah media penyampai nilai-nilai kemanusiaan . kepekaannya menyebabkan dia mampu mengkap hal yang lepasdari pengamatan orang lain.
IBd adalah satu mata kuliah yang diberikan dalam satu semester, sebagai bagian dari MKDU. Akan tetapi IBD adalah salah satu usaha mengembangkan mahasiswa dengan cara memperluas wawasan tentang pemikiran serta kemampuan terhadap nilai-nilai budaya. misalnya, mahasiswa tidak [erlu mengetahui sejarah sastra, teori sastra, kritik sastra dan sebagainya. Tetapi mahasiswa dapat menpraktekkannya dalam kehidupan.
Orientasi the Humanities adalah ilmu yang mempelajari satu atau sebagian dari disiplin ilmu yang tercakup dalam the humanities, mahasiswa diharapkan dapat menjadi homo humanus yang lebih baik.

B. ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PROSA

Prosa adalah bentuk cerita atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi. Istilah cerita rekaan umumnya dipakai untuk roman, atau novel atau cerita pendek.
Dalam kesusateraanindonesia kita mengenal jenis prosa lama dan prosa baru :
A. Prosa lama meliputi :
1. Dongeng-Dongeng
2. Hikayat
3. Sejarah
4. Epos
5. Cerita Pelipur Lara
B. Prosa baru meliputi :
1. Cerita pendek
2. Roman atau novel
3. Biografi
4. Kisah
5. otobiografi
C. NILAI NILAI DALAM PROSA FIKSI
Sebagai seni yang bertulang punggung cerita , mau tidak mau karya sastra (prosa fiksi) langsung atau tidak langsung membawa moral, pesan atau cerita. Dengan perkataan lain prosa mempunyai nilai nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra. Adapun nilai-nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra antara lain :
1. Prosa Fiksi meberikan kesenangan
Keistimewaan kesenangan yang diperoleh dari membaca fiksi adalah pembaca manedapatlkan pengalaman sebagaimana mengalaminya sendiri peristiwa itu peristiwa atau kejadian yang dikisahkan.
2. Prosa Fiksi memberikan informasi
Fiksi memberikan informasi yang tidak terdapat didalam ensiklopedi. Dalam novel sering kita dapat belajar sesuatu yang lebih daripada sejarah atau laporan jurnalistik tentang kehidupan masa kini, bahkan kehidupan yang akan dating.
3. Prosa fiksi memberikan warisan cultural
Prosa fiksi dapat menstimuli imaginasi, dan merupakan sarana bagi pemindahan yang tak henti-hentinya dari warisan budaya bangsa. Novel sti nurbaya, salah asuhan merupakan gambaran suatu tindakan heroism yang mengagumkan dan memberikan kebanggan.
4. Prosa memberikan keseimbangan wawasan
Lewat prosa fiksi seseorang dapat menilai kehidupan berdasarkan pengalaman-pengalaman dengan banyak individu. Fiksi juga memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk memilih responrespon emosional atau ransanagan aksi.
Adanya semacam kaidah kemungkinan yang tidak mungkin dalam fiksi inilah yang memungkinkan pembaca untuk dapat memperluas dan memperdalam persepsi dan wawasannya tentang tokoh dalam kehidupan manusia.
Berkenaan dengan moral , karya sastra dapat dibagi menjadi dua: karaya sastra yang menyuarakan aspirasi jamannya, dan karya sastra yang menyuarakan gejolak jamannya. Ada juga yang tentunya menyuarakan kedua-keduanya. Karya satra yang menyuarakan aspirasi jamanya mengajak pembaca untuk mengikuti apa yang dikehendaki jamannya. Dan karya satra yang menyuarakan gejolak jamanya, biasanya tidak mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu tetapi untuk merenung.
Kedua macam sastra ini selalu menyampaikan maslah. Masalah ini disampaikan dengan jalan menyajikan interaksi tokoh-tokohnya. Ilmu budaya dasarmenitik beratkan pada manusia dengan segala persoalanya. Manusia dan cint kasih, manusia dan keindahan, manusia dan penderitaan, manusia dan keadilan, manusia dan pandangan hidup, manusia dan harapan. Dll.

D. ILMU BUDAYA DASAR YANG DIHUBUNGKAN DENGAN PUISI
Pembahasan puisi dalam rangka pengjaran ilmu budaya dasar tidak akan diarahakna pada tradisi pendidikan dan pengajaran sastra dan apresiasi yang murni. Puisi termasuk seni sastra, sedangkan sastra bagian dari kesenian dan kesenin cabang atau unsure kebudayaan.
Kepuitisan, keartistikan atau keestetikaan bahas puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam mabnagun puisinya dengan menggunkan :
1. Figura bahasa seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan, alegori sehingga puisi menjadi segar, hidup dan menarik.
2. kata kata yang ambiquitas yaitu kata kata yang bermakna ganda banyak tafsir.
3. kata kata berjiwa yaitu kata kata yang sudah diberi suasana tertentu, berisi persaan dan pengalaman jiwa
4. kata kata yang konotatif yaitu kata kata yang sudah diberi tambahan nilai nilai rasa dan asosiasi tertentu.
5. Pengulangan yang berfungsi untuk mengintefikasikan hal hal yang dilukiskan sehingga lebih menggugah hati.
Dibalik kata katanya yang padat, ekonomis dan sukart dicerna maknanya itu. Puisi berisi potret kehidupan manusia.puisi juga mengguah kita tentang peristiwa-peristiwa kehidupan manusia.
Adapun alas an alas an yang mendasari penyajian puisi pada perkuliahan ilmu buadaya dasar adalah :
1. Hubungan puisi dengan pengalaman hidup
Perekaman dan penyampaian pengalaman dalam sastra puisi disebut “pengalamn perwakilan” yang berarti bahwa manusia senantiasa ingin memiliki salah satu kebutuhan dasarnya untuk lebih menghidupkan penglaman hidupnya dari seksedar kumpulan pengalaman langsung yang terbatas. Pendekatan terhadap pengalaman perwakilan itu dapat dilakukan dengan suatu kemampuan yang disebut “ imaginative entry “. Yaitu kemampuan menghubungkan pengalaman hidup sendiri dengan pengalaman yang dituangkan penyair dalam puisinya.

2. Puisi dan keinsyafan atau kesadaran individual
Dengan membaca puisi mahasiswa dapat diajak untuk dapat menjenguk hati atau pikiran manusia, baik orang lain maupun diri sendiri, karena memalui puisinya sang penyair mununjukan kepada pembaca bagian dalam hati manusia, ia menjelaskan pengalaman setiap orang.

3. Puisi dan Keinsyafan social
Puisi juga memberikan kepada manusia tentang pengetahuan manusia sebagai makhluk social yang terlebiat dalam issue dan problem social. Secara imaginative puisi dapat menafsirkan situasi dasar manusia social yang bias berupa :

• Penderitaan atas ketidakadilan
• Oerjuangan untuk kekuasaan
• Konflik dengan sesamanya
• Pemberontakan terehadap hokum Tuhan

Puisi-puisi umunnya sarat akan nilai-nilai etika, estetika dan juga kemanusaiaan. Salah satu nilai kemanusiaan yang banyak mewarnai puisi-puisi adalah cinta kasih( kemesraan, kasih saying, renungan )dll. 

Sub Kultur







Sub kultur.


Mungkin dari sebagian temen-temen kurang begitu femiliar dengan apa itu SKINHEAD, atau mungkin menganggap Skinhead sama dengan Neo Nazi yang di eropa yang notabene rasis dan anti semit. Skinhead adalah subkultur yang SAMA SEKALI TIDAK ADA HUBUNGANNYA dengan Neo Nazi atau organisasi rasis manapun. Untuk mengetahui tentang skinhead sebenarnya, saya akan mengulas sedikit tentang sejarah skinhead agar tidak ada salah persepsi tentang subkultur ini.

RUDEBOY 1960-1970

Rudeboy dan rudegirl atau rudies datang dari komunitas kulit hitam Jamaika. Mereka adalah akar dari subkultur ini. Gaya rambut cepak, setelan jas, topi pork pie dan brogues. Merekalah yang membawa musik ska dan kecintaan akan dansa ke Inggris. Dalam bahasa Jamaikrudeboysa “Rude” berarti liar atau kasar, dengan kata lain mereka sama halnya dengan gangster.

Sepanjang tahun 60-an tipikal rudeboy tetap seperti itu, meskipun banyak orang kulit putih yang mengadopsi & mengadaptasi gaya mereka. Pada waktu itu tingkat rasisme di Inggris masih sangat rendah, kalaupun ada tidak di dalam scene. Hal ini berlangsung hingga pertengahan 60-an ketika skinhead mulai muncul dan menimbulkan kekerasan; rudies, mods dan skins “berperang” dengan teddies (greasers), hippies dan rockers. Rudies merupakan satu-satunya kultur kulit hitam di Inggris selama tahun 60-an, meskipun pada waktu itu ada juga skinhead kulit hitam tetapi mereka menghilang dari scene relatif cepat. Dengan lahirnya agama Rastafarian & gerakan nasionalis kulit hitam, kebanyakan rudeboy berubah menjadi rastafarian. Pada tahun 70-an rudies yang orisinal hanya tinggal beberapa saja, sehingga skinheadlah yang akhirnya menjaga imej rudeboy dan musik ska tetap hidup. Beberapa orang ada yang menciptakan imej baru dari rudeboy yang semula kulit hitam dan bertipikal gangster menjadi rudeboy kulit putih yang dikenal dengan two tone. Mereka memakai segala sesuatu yang berwarna hitam dan putih (two tone), mulai dari wing tips, blazers dan dasi.


MOD 1962-1967


originals Ketika rudeboy datang ke Inggris dalam jumlah besar mereka disambut oleh kelas pekerja kulit putih dan kelas menengah yang menyukai gaya berpakaian serta musik mereka. Mod memiliki cara berpakaian standar, seperti sweater, kaos polo, khaki dan steel toe boots serta brogues, tentunya potongan rambut rapi. Mod pada dasarnya adalah versi rudeboy kulit putih., dan sepanjang era 60-an mod menyebar luas. Dengan berkembangnya mod mereka membentuk crew, aliansi dan tentunya lawan masing-masing. Rudies dan mod sama-sama menyukai bir, musik dan sepak bola. Mod mulai mengidentitaskan diri dengan emblem, tato dan pin, serta warna yang menghubungkan mereka dengan distrik yang mereka huni, kota serta tim sepak bola. Kemudia mereka dikenal dengan hardmod yang merupakan cikal bakal skinhead. Mereka memakai boots pekerja (pada waktu itu boot doc martens banyak dipakai), kaos dan celana jins pada saat turun ke jalan untuk aggro (tawuran). Pada akhir 60-an sebagian mod yang orisinil mulai berubah menjadi swingers dan pecandu obat-obatan, sedangkan mayoritas sebagian mod menjadi hardmod dan hooligan.

ORIGINAL SKINHEAD 1967-1971


Saat para hardmod sibuk membentuk crew di jalan, dan hooligan terus membuat kerusuhan di pertandingan sepak bola, sebuah subkultur baru nampaknya akan terbentuk. Sebuah nama baru akhirnya muncul, yaitu SKINHEAD. Potongan rambut mereka tidak benar-bskinheads-crowdenar plontos seperti yang diperkirakan orang, tetapi rambut cepak antara 2-3 cm.

Skinhead memiliki cara berpakaian sendiri, memakai kemeja button down, khaki & brogues saat ke klub dansa, saat di jalanan dan tempat kerja. Mereka juga memakai jins, kaos, steel toe boots (doc martens), dan braces. Skinhead pada waktu itu identik dengan kekerasan, tetapi hal itu bukanlah yang utama, karena mereka lebih menyukai bir dan berdansa di pub-pub lokal. Mereka menyukai ska dan karena hardmod serta rudies sudah tidak ada atau berkurang, maka skinheadlah yang menjaga eksistensi musik dan kultur. Awalnya banyak sekali band-band skinhead reggae yang bermunculan, dimainkan oleh skinhead dan untuk skinhead.

Selama masa-masa kemunculan skinhead, banyak orang kulit hitam yang menjadi bagian dari subkultur ini. Tetapi ketika agama rastafarian muncul mereka menjauh dari kalangan orang kulit putih sehingga pada akhirnya sehingga skinhead menjadi penyelamat kultur dan musik. Era kejayaan skinhead tidak terelakkan lagi pada tahun 1969, sebuah tahun terbaik atau bisa dikatan tahun emas bagi ska, skinhead dan sepak bola. Dan trojan skins sebagaimana mereka dipanggil sekarang berdansa dan minum bir untuk menghabiskan malam setelah seharian bekerja.

Selama kurun waktu itu pula rasisme mulai muncul di dalam subkultur skinhead, hal itu disebakan oleh partai ultra sayap kanan The Britsh National Front atau yang biasa dipanggil National Front (NF). Mereka merekrut fresh-cut dan preman-preman untuk di dandani seperti skinhead serta di doktrin bahwa skinhead itu rasis, mengatakan kemerosotan ekonomi di Inggris disebabkan oleh para imigran. Mereka mulai melakukan kekeresan terhadap toko, rumah-rumah para imigran dari asia, kebanyakan dari Pakistan, India dan Bengali. Hal tersebut dikenal dengan Paki Bashing, tetapi tidak berlangsung lama karena pemerintah melakukan penangkapan terhadap mereka. Maka dari itu banyak media elektronik maupun cetak mengklaim bahwa skinhead itu rasis, anti semit dan suka kekerasan.

sharp 1 Pada tahun 1987 di New York, Amerika, lahirlah SHARP (Skinheads Against Racial Prejudice) yang diprakarsai oleh Marcus Pacheco untuk menunjukkan pada semua orang bahwa skinhead itu tidak rasis dan tidak ada hubungannya dengan ideologi partai apapun.

Maka dari itu bahwa tidak benar skinhead itu rasis, anti semit atau berpedoman pada politik ekstrim sayap kanan. Skinhead menyebut orang-orang yang mengaku dirinya skinhead tetapi rasis dengan sebutan BONEHEAD, karena mereka bodoh dan tidak tahu asal sejarah skinhead itu sendiri. Bagaimana skinhead itu rasis, kalau skinhead itu lahir dari mod dan rudies yang notabenenya mereka itu kulit putih (mod) dan kulit hitam (rudies).

Semoga artikel ini bisa berguna bagi kita semua. Cheers!

GENRE MUSIK

MOD
Mod (dari modernis) adalah sebuah subkultur yang berasal di London, Inggris pada akhir 1950-an dan mencapai puncaknya pada awal 1960-an pertengahan.
elemen signifikan dari subkultur mod meliputi: fashion (sering setelan tailor-made), musik pop, termasuk jiwa Amerika Afrika, ska Jamaika, dan musik mengalahkan Inggris dan R &B; dan skuter Italia. Adegan mod asli juga terkait dengan amfetamin berbahan bakar menari sepanjang malam di klub. Dari pertengahan hingga akhir 1960-an dan seterusnya, media massa sering menggunakan istilah mod dalam arti yang lebih luas untuk menggambarkan segala sesuatu yang diyakini populer , mode atau modern.
Ada kebangkitan kembali mod di Britania Raya pada akhir tahun 1970, yang diikuti dengan kebangkitan kembali mod di Amerika Utara pada awal 1980-an, khususnya di California Selatan.


Sejarah
Dick Hebdige menyatakan bahwa nenek moyang subkultur mod "tampaknya telah sekelompok pesolek kelas pekerja, mungkin diturunkan dari para penggemar dari gaya busana Italianite" Mary Anne Long tidak setuju., Menyatakan bahwa "tangan pertama rekening dan kontemporer titik teoretisi ke atas bekerja atau kelas menengah di London East End dan pinggiran kota. "Yahudi Sosiolog Simon Frith menegaskan bahwa subkultur mod memiliki akarnya dalam budaya 1950-an hippi kopi bar, yang melayani ke sekolah seni siswa dalam adegan bohemian radikal di London Steve Sparks, yang mengaku menjadi salah satu mods asli, setuju bahwa sebelum mod menjadi komersial, itu pada dasarnya merupakan perpanjangan dari budaya hippi: "Ini berasal dari 'modernis', itu hubungannya dengan jazz modern dan hubungannya dengan Sartre "dan eksistensialisme. Sparks berpendapat bahwa" Mod telah banyak disalahpahami ... sebagai prekursor ini kelas pekerja, skuter-naik dari skinhead. "
Bar kopi yang menarik untuk anak muda, karena berbeda dengan pub khas Inggris, yang ditutup sekitar pukul 11:00, mereka buka sampai dini hari. bar kopi memiliki jukebox, yang dalam beberapa kasus reserved beberapa ruang dalam mesin untuk catatan sendiri siswa. Pada akhir 1950-an, bar kopi yang terkait dengan jazz dan blues, tetapi di awal 1960-an, mereka mulai bermain musik R & B lebih banyak. Frith catatan bahwa meskipun bar kopi pada awalnya ditujukan untuk siswa kelas menengah seni sekolah, mereka mulai memfasilitasi mencampurkan pemuda dari berbagai latar belakang dan kelas. Pada tempat ini, yang Frith panggilan tanda "pertama dari gerakan pemuda" , pemuda akan bertemu kolektor R & B dan catatan blues, yang memperkenalkan mereka untuk jenis baru dari musik Afrika-Amerika, yang tertarik untuk remaja untuk kementahan dan keaslian. Mereka juga menonton film-film seni Perancis dan Italia dan membaca majalah Italia untuk mencari ide-ide gaya Menurut Hebdige, subkultur mod akumulasi bertahap mengidentifikasi simbol-simbol yang kemudian datang untuk dihubungkan dengan adegan, seperti skuter, pil amfetamin., dan musik
Spoiler for foto:



Mode
Jobling dan Crowley disebut subkultur mod sebuah kultur "mode-terobsesi dan hedonistik dari" hyper-keren orang dewasa muda yang tinggal di London metropolitan atau kota-kota baru di selatan. Sehubungan dengan peningkatan kemakmuran pasca-perang Britania, pemuda tahun 1960-an awal adalah salah satu generasi pertama yang tidak harus menyumbangkan uang mereka dari pekerjaan setelah-sekolah untuk keuangan keluarga. Sebagai mod remaja dan dewasa muda mulai menggunakan pendapatan mereka untuk membeli pakaian bergaya, toko-toko butik pertama pemuda bertarget pakaian dibuka di London di Street Carnaby dan kabupaten Kings Road. Maverick perancang busana muncul, seperti Mary Quant, yang dikenal untuk desain semakin pendek rok mini, dan John Stephen
Dua subkultur pemuda membantu membuka jalan untuk fashion mod dengan melanggar tanah baru; beatniks, dengan gambar bohemian mereka baret dan turtleneck hitam, dan Teddy Boys, dari mod fashion yang diwarisi "nya kecenderungan fashion narcissitic dan teliti" dan terlihat rapi pesolek Teddy Boys membuka jalan untuk membuat bunga jantan dengan cara sosial bisa diterima, karena sebelum Teddy Boys. di Britania terutama terkait dengan gaya flamboyan subkultur bawah tanah rias homoseksual.
Royal Air Force roundel, sebuah account symbol.Newspaper mod dari pertengahan 1960-an terfokus pada obsesi mod dengan pakaian, sering rincian harga setelan mahal dikenakan oleh mods muda, dan mencari kasus-kasus ekstrim seperti mod muda yang diklaim bahwa dia akan "pergi tanpa makanan untuk membeli pakaian" Jobling dan Crowley. berpendapat bahwa untuk bekerja mods kelas, fokus subkultur pada fashion dan musik adalah rilis dari membosankan "dari kehidupan sehari-hari" pada pekerjaan mereka. Jobling dan Crowley diketahui bahwa subkultur yang memiliki unsur-unsur yang kuat konsumerisme dan belanja, mods tidak pasif konsumen, melainkan mereka sangat sadar diri dan kritis, menyesuaikan "ada gaya, simbol dan artefek" seperti bendera Union dan Royal Air Angkatan roundel simbol, dan menempatkan mereka di jaket mereka dalam gaya-pop art, dan meletakkan tanda tangan pribadi mereka pada gaya mereka Lagu "Dedicated Pengikut Mode". oleh The Kinks dari 1966 lelucon tentang obsesi mode dari mod masyarakat.
Mod fashion mengadopsi gaya Italia dan Prancis baru sebagian sebagai reaksi terhadap rocker kota kecil dan pedesaan, yang dilihat sebagai terjebak pada 1950-an, kulit mereka dengan pakaian sepeda motor dan melihat greaser Amerika. Pria mods mengadopsi melihat, halus canggih yang menekankan sesuai Italia tailor-made (kadang-kadang putih) dengan kerah yang sempit, pakaian mohair, dasi tipis, tombol-down shirt kerah, wol atau kasmir jumper (crewneck atau V-neck), berujung runcing sepatu kulit yang dijuluki winklepickers, serta Chelsea atau "The Beatles" sepatu bot, Malai Loafers, Clarks 'Desert Boots bahkan Bowling shoes, dan gaya rambut yang meniru tampilan tidak jelas aktor-aktor Perancis bioskop Nouvelle era, seperti Jean-Paul Belmondo. Sebuah mods Beberapa pria pergi melawan norma-norma gender pada zaman tersebut dengan meningkatkan tampilan mereka dengan eye shadow, lipstik atau bahkan dipilih lebih dari sepeda motor karena menggunakan skuter 'dari bodypanelling dan bagian yang bergerak tersembunyi membuat mereka lebih bersih dan kurang cenderung noda setelan mahal dengan gemuk. Scootering menyebabkan pemakaian parka militer untuk melindungi pakaian mahal dan celana dari lumpur dan hujan. Wanita mods berpakaian androgynously, dengan potongan rambut pendek, celana panjang laki-laki atau kemeja (kadang-kadang) pacar mereka, sepatu flat, dan makeup sedikit - yayasan sering kali hanya pucat, eye shadow cokelat, lipstik putih atau pucat dan bulu mata palsu. Wanita mods mendorong batas toleransi orang tua dengan rok mini mereka, yang mendapat semakin pendek antara awal dan pertengahan 1960-an. Sebagai mode mod perempuan pergi dari gaya bawah tanah untuk dengan cara yang lebih komersial, ramping model seperti Jean Shrimpton dan Twiggy mulai contoh tampilan mode mod tinggi. Program televisi Ready Steady Go!, Disajikan oleh Cathy McGowan, membantu untuk menyebarkan kesadaran mode mod dan musik ke audiens yang lebih besar.
Spoiler for foto:


Klub, musik, dan menari
Para mods asli berkumpul di sepanjang malam-klub seperti The Roaring Dua puluhan, The Scene, La diskotik, The Flamingo dan The Marquee di London untuk mendengar catatan terbaru dan untuk memamerkan pakaian dan gerakan tarian. Sebagai mod menyebar di seluruh Britania Raya, klub-klub lain menjadi populer seperti Twisted Wheel Club di Manchester Mereka mulai mendengarkan musik jazz "modern yang canggih halus" dari Dave Brubeck dan Modern Jazz Quartet.. "Mereka menjadi" ... pakaian terobsesi, keren, didedikasikan untuk R & B dan tarian mereka sendiri. Black prajurit Amerika, ditempatkan di Britania selama Perang Dingin, juga membawa lebih dari ritme dan blues dan catatan jiwa yang tidak tersedia di Britania, dan mereka sering dijual ini untuk orang-orang muda di London. Meskipun The Beatles berpakaian "mod" pada tahun-tahun awal mereka, musik mengalahkan mereka tidak populer di kalangan mods, yang cenderung lebih suka band R & B. berdasarkan seperti Small Faces, The Kinks, The Yardbirds dan terutama The Who ,Pengaruh surat kabar Inggris pada penciptaan persepsi publik mods memiliki gaya hidup clubgoing senggang diisi dapat dilihat dalam artikel 1964 di The Sunday Times. Makalah ini mewawancarai mod 17 tahun yang pergi clubbing tujuh malam dalam seminggu dan menghabiskan Sabtu sore untuk belanja pakaian dan catatan. Namun, beberapa remaja Inggris dan orang dewasa muda akan memiliki waktu dan uang untuk menghabiskan banyak waktu ini pergi ke klub malam. Jobling dan Crowley mengatakan bahwa mods paling muda bekerja 9-5 pada pekerjaan semi-terampil, yang berarti bahwa mereka memiliki waktu luang jauh lebih sedikit dan hanya pendapatan sederhana untuk menghabiskan waktu mereka selama off.