BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang Masalah
Dalam masyarakat modern, persaingan dalam dunia usaha
di Indonesia semakin ketat sebagaimana seperti yang terlihat pada
perusahaan-perusahaan, baik itu perusahaan Pemerintah maupun perusahaan Asing
didalam mendapatkan sumber dananya dengan cara memberikan pelayanan yang
memuaskan pada konsumen. Akibat dari persaingan ini, maka memaksa perusahaan
untuk bertindak lebih efisien dan efektif didalam menjalankan usahanya agar
kelangsungan perusahaan di masa mendatang lebih terjamin.
Seperti yang kita ketahui bahwa tuntutan perkembangan
yang ada mendesak perusahaan untuk menggunakan metode-metode kerja baru,
perangkat-perangkat baru serta pelayanan-pelayanan baru. Pengembangan struktur
bisnis di kalangan para pengusaha yang melihat celah / peluang bisnis langsung
dimaanfaatkan secara maksimal mungkin untuk menggarap peluang bisnis tersebut.
Perubahan dari yang lama menuju yang baru seperti
sekarang ini, tidak boleh tidak dilaksanakan agar perusahaan dapat berkesinambungan.
Agar semua perubahan itu dapat berjalan mulus dalam perusahaan tanpa
menimbulkan gejolak, yang terlibat dalam melaksanakan perubahan tersebut perlu
pula dirubah, dalam arti ditingkatkan pengetahuannya, kemampuan dan
ketrampilannya, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan program
perubahan itu sendiri. Dengan
demikian, dalam program-program pengembangan, suatu perusahaan jangan sampai
tidak mengikutsertakan peningkatan teknologi yang makin berkembang saat ini.
Oleh sebab
itu, memberikan kesempatan mengandalkan peluang bisnis dengan teknologi yang
semakin berkembang saat ini harus didukung oleh tenaga - tenaga ahli yang dapat
mengendalikan kerja kinerja mesin atau teknologi yang dimanfaatkan oleh pihak
perusahaan yang dapat meningkatkan prestasi kerja mereka untuk dapat lebih
bekerja dengan lebih efektif dan efisien, sehingga apa yang menjadi tujuan
perusahaan dapat tercapai dan terpenuhi.
Selama
dalam pengembangan para tenaga ahli yang berkerja dibidang yang dituju untuk
menyukseskan peluang bisnis yang sudah menjadi fokus kerja para usahawan yang
teropsesi untuk mengendalikan bisnis dikalangan para pengguna khususnya
pengguna jalan TOL maka terus dikembangkan peluang bisnis elektronik TOL agar
para pelanggan yang menikmati jalan TOL dipermudah mengaksesnya, alasan pihak
PT. Jasa Marga bekerjasama dengan pihak PT. Bank Mandiri untuk membuka sistem
GTO ( Gerbang Tol Otomatis ) agar permasalahan kemacetan di gerbang Tol dapat
diselesaikan dengan cara pembayaran yang efisien, maka dari itu diluncurkan
terobosan baru e-Toll card tersebut.
Berdasarkan
alasan tersebut di atas, penulis akan membahas dan mengupas mengenai : “PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM E-TOLL CARD
SERTA KEMUDAHAN MENGAKSES TRANSAKSI PEMBAYARAN TOL ”
1.2.Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
Dalam
Penelitian Ilmiah ini, Penulis akan merumuskan berbagai macam masalah yang
timbul dari kajian ilmiah mengenai e-Toll card ini, sebagai berikut;
Seberapa besar pengaruh pelaksanaan program e-Toll card
terhadap para penggunanya ?
Sebagai
salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa penggunaan e-Toll card yang
ada didalam akses publik yang sering dimanfaatkan oleh para pengendara roda 4
agar perjalanan lebih simpel dan cepat pasti akan menggunakan akses tol yang
tersebar dan membelah jalan-jalan ibukota yang ada di Indonesia, otomatis
peluang bisnis ini sangat menjanjikan dan menghasilkan program kinerja yang
baik bagi kelangsungan dan kemudahan para penggunanya .
Berkaitan
dengan hal tersebut di atas, maka penulis membatasi pembahasan masalah pada
program e-Toll card serta kemudahan megakses transaksi pembayaran tol.
khususnya para pengguna yg memliki e-Toll card yang berdomisili di Bekasi
dengan mengkaji para responden sebanyak 100 orang.
1.3.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
diadakan penelitian ini diantaranya :
·
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-Toll
card yang berdomisili di bekasi.
·
Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program
e-Toll card yang bermanfaat bagi para masyarakat yang belum mengenal apa itu
e-Toll card.
·
Untuk mengetahui bagaimana prestasi kinerja yang dikeluarkan oleh pihak
pebisnis yang mencetuskan ide e-Toll card yang mulai membuming di kalangan para
pengguna jalan Tol .
·
Untuk
mengetahui bagaimana kemudahan yang diperoleh oleh para pegguna jalan Tol yang
menggunakan e-Toll card kebanding para pengguna jalan tol yang reguler.
·
Untuk mengetahui dijalan Tol mana sajakah
pengaksesan e-Toll card dapat dilakukan.
·
Untuk mengetahui cara penutupan atau pemblokiran
e-Toll card.
·
Untuk mengetahui keuntungan apa sajakah yang
diperoleh sebagai pengguna e-Toll card.
1.4. Manfaat
Penelitian
Manfaat hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut :
1.4.1. Bagi Penulis
1.
Dapat menambah pengetahuan dan dapat membandingkan
antara pengguna e-Toll card dengan pengguna yang tidak menggunakannya.
1.4.2.
Bagi
Perusahaan dan Peneliti Selanjutnya
1
Sebagai bahan masukan dan pertimbangan pengelola PT
Jasa Marga yang mengelola jasa Tol dan mencetuskan program e-Toll card.
2
Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukkan
untuk penelitian selanjutnya sehubungan dengan program e-Toll card yang mulai
di minati oleh para pengguna ruas jalan Tol.
1.5. Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan
penulis adalah metode penelitian asosiatif hubungan kausal. Metode
penelitian asosiatif dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui terdapat
hubungan yang bersifat sebab akibat dimana terdapat variabel mempengaruhi (independent) dan variabel dipengaruhi (dependent).
1.5.1. Objek Penelitian
Di dalam penelitian ini yang menjadi
obyek penelitian adalah para pemilik e-Toll card yang berdomisili di wilayah Bekasi.
Waktu penelitian di mulai dari awal bulan April 2013 sampai dengan selesai.
1.5.2. Data / Variabel yang digunakan
Data yang diambil adalah Primer dan Skunder.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sesuatu yang akan menjadi obyek pengamatan dalam penelitian. Adapun variabel
yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini terdiri dari variabel:
1.
Definisi naratif
·
Definisi
Variabel Bebas (Independent variable)
:
Variabel bebas (x) adalah variabel yang dapat berdiri sendiri dan tidak
dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya. Variabel bebas juga merupakan variabel
yang mempengaruhi atau variabel yang menjadi sebab timbulnya variabel terikat.
Di dalam Penelitian Ilmiah ini Variabel X nya adalah Program pemanfaatan e-Toll card .
·
Definisi
Variabel Terikat (Dependent variable)
:
Variabel
terikat (y) adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Variabel
terikat merupakan variabel yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.
Di dalam Penelitian Ilmiah ini Variabel Y nya adalah Dampak yang terjadi setelah mengunakan e-Toll card.
1.5.3. Metode
Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode survei
dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer dan menggunakan dokumentasi
sebagai data skunder.
·
Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari objek
yang akan diteliti antara lain melalui:
1. Kuesioner
2. Wawancara
·
Data Skunder
|
1.5.4. Hipotesis
Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban
sementara yang mungkin benar atau mungkin salah. Berdasarkan kerangka pemikiran
diatas dan jenis hipotesis yang digunakan, maka penulis menyimpulkan anggapan
sementara yang dirumuskan secara statistik sebagai berikut :
Ho : Tidak
ada pengaruh antara pelaksanaan program e-Toll card serta kemudahan mengakses
transaksi pembayaran tol .
Ha : Terdapat
pengaruh antara pelaksanaan program e-Toll card serta kemudahan mengakses
transaksi pembayaran tol.
1.5.5. Alat Analisis yang digunakan
Dalam menganalisis pengaruh
pelaksanaan program e-Toll card serta kemudahan mengakses pemayaran tol, metode
analisis yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Uji Kualitas Data
Uji kualitas data dalam
penelitian ini menggunakan dua konsep di antaranya adalah sebagai berikut :
·
Validitas
·
Reliabilitas
2. Analisis Regresi Linier Sederhana
3. Analisis Koefisien Korelasi
4. Uji Hipotesis
5. Analisis Koefisien Determinasi
kak sori boleh minta kontaknya, saya mau nyari referensi buat nulis PI. email saya di medinarizkii@gmail.com makasih sebelumnya
BalasHapusKk maaf sebelumnya, boleh minta kontaknya, mau nyari referensi buat skripsi, email rinijulianti@gmail.com terima.
BalasHapus