Rabu, 18 April 2012

DEMOKRASI


Pengantar : arti, makna, dan manfaat demokrasi
Demokrasi berasal dari kata yunani demos dan kratos. Demos artinya rakyat, kratos berarti pemerintahan. Jadi demokrasi berarti pemerintahan rakyat, yaitu pemrintahan yang rakyatnya memegang peranan yang sangat menetukan
Manfaat Demokrasi.
Manfaat Demokrasi diantaranya adalah sebagai berikut:
1)      Kesetaraan sebagai warga Negara
Demokrasi bertujuan memperlukan semua orang adalah sama dan sederajat. Prinsip kesetaraan tidak hanya menuntut bahwa kepentingan org harus diperlakukan sama dan sederajat dalam kebijakan pemerintah.
2)      Memenuhi kebutuhan kebutuhan umum
Semakin besar suara rakyat dalam menentukan kebijakan, semakin besar pula kemungkinan kebijakan itu mencerminkan keinginan dan aspirasi –aspirasi rakyat.
3)      Pluralism dan Kompromi
Demokrasi mengandalkan debat terbuka, persuasi, dan kompromi. Penekanan demokrasi pada debat tidak hanya mengasumsikan adanya perbedaan- perbedaan pendapat dan kepentingan pada sebagian besar masalah kebijakan. Tetapi juga menghendaki bahwa perbedaan-perbedaan itu harus dikemukakan dan didengarkan.
4)      Menjamin hak-hak dasar
Demokrasi menjamin kebebasan-kebebasan dasar. Diskusi terbuka sebagai metode mengungkapkan dan mengatasi masalah-masalah perbedaan dalam kehidupan social.
5)      Pembaruan kehidupan social.
Penghapusan kebijakan-kebijakan yang telah using secara rutin dan penggantian para politisi dilakukan dengan cara yang santun dan damai.
Nilai – nilai Demokrasi
Kehidupan demokrasi tidak akan dating, tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai – nilai demokrasi : kesadaran akan pluralism, sikap yang jujur dan pikiran yang sehat, itikad kerjasama di antara masyarakat warga dan itikad baik, sikap kedewasaan, pertimbangan moral.
1.      Kesadaran akan pluralisme masyarakat yang hidup demokrasi harus menjaga keberagaman yang ada di masyarakat.
2.      Sikap yang jujur dan pikiran yang sehat. Pengambilan keputusan didasarkan pada prinsip msyawarah mufakat, dan memerhatikan kepentingan masyarakat pada umunya.
3.      Demokrasi membutuhkan kerja sama antarwarga masyarakat dan sikap serta itikad baik demokrasi membutuhkan kerjasama antaranggota masyarakat, untuk mengambil keputusan yang disepakati.
4.      Demokrasi membutuhkan sikap kedewasaan. Demokrasi mengharuskan adanya kesadaran untuk tulus menerima kemungkinan kompromi.
5.      Demokrasi membutuhkan pertimbangan moral. Demokrasi mewajibkan adanya keyakinan bahwa cara mencapai kemenangan haruslah sejalan dengan tujuan dan berdasarkan moral serta tidak mengahalalkan segala cara.
Prinsip dan Parameter Demokrasi
Suatu Negara atau pemerintahan dikatakan deokrasi apabila dalam pemerintahanya mewujudkan prinsip-prinsip demokrasi. Menurut Robert A Dahl terdapat tujuh prinsip demokrasi yang harus ada dalam system pemerintahan, yaitu: control atas keputusan pemerintah,pemilihan yang teliti dan jujur, hak memilih dan dipilih, kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman, kebebasan mengakses informasi, kebebasan berserikat terbuka.
Parameter Dmokrasi : pembentukan pemerintahan melalui pemilu, system pertanggung-jawaban pemerintahan, pengaturan system dan distribusi kekuasaan Negara, pengawasan oleh rakyat.
Jenis-jenis Demokrasi
Demokrasi berdasarkan cara menyampaikan pendapat.
a)      Demokrasi langsung.
Dalam demokrasi langsung rakyat diikut sertakan dalam proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kebijakan pemerintah.
b)      Demokrasi tidak langsung atu demokrasi perwakilan.
Demokrasi ini dijalankan oleh rakyat melalui wakil rakyat yang dipilihnya melalui pemilu, rakyat memilih wakil rakyat yang duduk dilembaga perwakilan rakyat.
c)      Demokrasi perwakilan dengan system pengawsan langsung dari rakyat.
Demokrasi ini merupakan campuran antara demokrasi langsung dengan demokrasi perwakilan.
1)      Klasifikasi referendum : wajib, tidak wajib, konsultatif
2)      Klasifikasi demokrasi menurut prioritas : formal, material, campuran
3)      Klasifikasi demokrasi menurut ideology : liberal ,rakyat, atau proletar.
4)      Klasifikasi demokrasi menurut hubungan antarkelengkapan : system parlementer, system presidensial.
Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia.
Pelaksanaan demokrasi di Indonesia : parlementer, pancasila terpimpin, pancasila orde baru, demokrasi langsung pada orde reformasi.

Mengembangkan Sikap demokrasi
Pendidikan sikap demokrasi dapat dilakukan dalam lembaga : pendidikan anak, sekolah, dan perkuliahaan, masyarakat dan pemerintahan
Pada era orde reformasi pemilihan umum lebih demokrasi, partai politik lebih mandiri, pengaturan hak asasi manusia, dan  lembaga demokrasi lebih berfungsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar