Senin, 06 Mei 2013

Proposal



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang Masalah
Dalam masyarakat modern, persaingan dalam dunia usaha di Indonesia semakin ketat sebagaimana seperti yang terlihat pada perusahaan-perusahaan, baik itu perusahaan Pemerintah maupun perusahaan Asing didalam mendapatkan sumber dananya dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan pada konsumen. Akibat dari persaingan ini, maka memaksa perusahaan untuk bertindak lebih efisien dan efektif didalam menjalankan usahanya agar kelangsungan perusahaan di masa mendatang lebih terjamin.
Seperti yang kita ketahui bahwa tuntutan perkembangan yang ada mendesak perusahaan untuk menggunakan metode-metode kerja baru, perangkat-perangkat baru serta pelayanan-pelayanan baru. Pengembangan struktur bisnis di kalangan para pengusaha yang melihat celah / peluang bisnis langsung dimaanfaatkan secara maksimal mungkin untuk menggarap peluang bisnis tersebut.
Perubahan dari yang lama menuju yang baru seperti sekarang ini, tidak boleh tidak dilaksanakan agar perusahaan dapat berkesinambungan. Agar semua perubahan itu dapat berjalan mulus dalam perusahaan tanpa menimbulkan gejolak, yang terlibat dalam melaksanakan perubahan tersebut perlu pula dirubah, dalam arti ditingkatkan pengetahuannya, kemampuan dan ketrampilannya, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan program perubahan itu sendiri. Dengan demikian, dalam program-program pengembangan, suatu perusahaan jangan sampai tidak mengikutsertakan peningkatan teknologi yang makin berkembang saat ini.  
Oleh sebab itu, memberikan kesempatan mengandalkan peluang bisnis dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini harus didukung oleh tenaga - tenaga ahli yang dapat mengendalikan kerja kinerja mesin atau teknologi yang dimanfaatkan oleh pihak perusahaan yang dapat meningkatkan prestasi kerja mereka untuk dapat lebih bekerja dengan lebih efektif dan efisien, sehingga apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat tercapai dan terpenuhi.
Selama dalam pengembangan para tenaga ahli yang berkerja dibidang yang dituju untuk menyukseskan peluang bisnis yang sudah menjadi fokus kerja para usahawan yang teropsesi untuk mengendalikan bisnis dikalangan para pengguna khususnya pengguna jalan TOL maka terus dikembangkan peluang bisnis elektronik TOL agar para pelanggan yang menikmati jalan TOL dipermudah mengaksesnya, alasan pihak PT. Jasa Marga bekerjasama dengan pihak PT. Bank Mandiri untuk membuka sistem GTO ( Gerbang Tol Otomatis ) agar permasalahan kemacetan di gerbang Tol dapat diselesaikan dengan cara pembayaran yang efisien, maka dari itu diluncurkan terobosan baru e-Toll card tersebut.
Berdasarkan alasan tersebut di atas, penulis akan membahas dan mengupas mengenai : “PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM E-TOLL CARD SERTA KEMUDAHAN MENGAKSES TRANSAKSI PEMBAYARAN TOL ”

1.2.Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
         Dalam Penelitian Ilmiah ini, Penulis akan merumuskan berbagai macam masalah yang timbul dari kajian ilmiah mengenai e-Toll card ini, sebagai berikut;     
Seberapa besar pengaruh pelaksanaan program e-Toll card terhadap para penggunanya ?
         Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa penggunaan e-Toll card yang ada didalam akses publik yang sering dimanfaatkan oleh para pengendara roda 4 agar perjalanan lebih simpel dan cepat pasti akan menggunakan akses tol yang tersebar dan membelah jalan-jalan ibukota yang ada di Indonesia, otomatis peluang bisnis ini sangat menjanjikan dan menghasilkan program kinerja yang baik bagi kelangsungan dan kemudahan para penggunanya .
         Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka penulis membatasi pembahasan masalah pada program e-Toll card serta kemudahan megakses transaksi pembayaran tol. khususnya para pengguna yg memliki e-Toll card yang berdomisili di Bekasi dengan mengkaji para responden sebanyak  100 orang.
1.3.               Tujuan Penelitian
Tujuan diadakan penelitian ini diantaranya :
·         Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-Toll card yang berdomisili di bekasi.
·         Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program e-Toll card yang bermanfaat bagi para masyarakat yang belum mengenal apa itu e-Toll card.
·         Untuk mengetahui bagaimana prestasi kinerja yang dikeluarkan oleh pihak pebisnis yang mencetuskan ide e-Toll card yang mulai membuming di kalangan para pengguna jalan Tol .
·         Untuk mengetahui bagaimana kemudahan yang diperoleh oleh para pegguna jalan Tol yang menggunakan e-Toll card kebanding para pengguna jalan tol yang reguler.
·         Untuk mengetahui dijalan Tol mana sajakah pengaksesan e-Toll card dapat dilakukan.
·         Untuk mengetahui cara penutupan atau pemblokiran e-Toll card.
·         Untuk mengetahui keuntungan apa sajakah yang diperoleh sebagai pengguna e-Toll card.

1.4.        Manfaat Penelitian
Manfaat hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut :
1.4.1.     Bagi Penulis
1.      Dapat menambah pengetahuan dan dapat membandingkan antara pengguna e-Toll card dengan pengguna yang tidak menggunakannya.
1.4.2.         Bagi Perusahaan dan Peneliti Selanjutnya
1           Sebagai bahan masukan dan pertimbangan pengelola PT Jasa Marga yang mengelola jasa Tol dan mencetuskan program e-Toll card.
2           Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukkan untuk penelitian selanjutnya sehubungan dengan program e-Toll card yang mulai di minati oleh para pengguna ruas jalan Tol.


1.5.      Metode Penelitian
            Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian asosiatif hubungan kausal. Metode penelitian asosiatif dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui terdapat hubungan yang bersifat sebab akibat dimana terdapat variabel mempengaruhi (independent) dan variabel dipengaruhi (dependent).


1.5.1.     Objek Penelitian
Di dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah para pemilik e-Toll card yang berdomisili di wilayah Bekasi. Waktu penelitian di mulai dari awal bulan April 2013 sampai dengan selesai.



1.5.2.     Data / Variabel yang digunakan
Data yang diambil adalah Primer dan Skunder. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sesuatu yang akan menjadi obyek pengamatan dalam penelitian. Adapun variabel yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini terdiri dari variabel:
1.      Definisi naratif
·         Definisi Variabel Bebas (Independent variable) :
Variabel bebas (x) adalah variabel yang dapat berdiri sendiri dan tidak dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya. Variabel bebas juga merupakan variabel yang mempengaruhi atau variabel yang menjadi sebab timbulnya variabel terikat. Di dalam Penelitian Ilmiah ini Variabel X nya adalah Program pemanfaatan e-Toll card .
·         Definisi Variabel Terikat (Dependent variable) :
Variabel terikat (y) adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Variabel terikat merupakan variabel yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Di dalam Penelitian Ilmiah ini Variabel Y nya adalah Dampak yang terjadi setelah mengunakan e-Toll card.








1.5.3.   Metode Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer dan menggunakan dokumentasi sebagai data skunder.


·         Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari objek yang akan diteliti antara lain melalui:
1.      Kuesioner
2.      Wawancara
·         Data Skunder

 
Yaitu mempelajari beberapa yang berhubungan dengan penulisan ilmiah ini dan dari beberapa referensi surat kabar, majalah dan buku catatan selama perkuliahan serta bahan-bahan yang terdapat di perpustakaan yang dapat mendukung penulisan ilmiah ini.

1.5.4.   Hipotesis
         Hipotesis merupakan dugaan atau jawaban sementara yang mungkin benar atau mungkin salah. Berdasarkan kerangka pemikiran diatas dan jenis hipotesis yang digunakan, maka penulis menyimpulkan anggapan sementara yang dirumuskan secara statistik sebagai berikut :
Ho   :     Tidak ada pengaruh antara pelaksanaan program e-Toll card serta kemudahan mengakses transaksi pembayaran tol .
Ha   :     Terdapat pengaruh antara pelaksanaan program e-Toll card serta kemudahan mengakses transaksi pembayaran tol.
1.5.5.   Alat Analisis yang digunakan
         Dalam menganalisis pengaruh pelaksanaan program e-Toll card serta kemudahan mengakses pemayaran tol, metode analisis yang digunakan adalah sebagai berikut :
1.      Uji Kualitas Data
Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan dua konsep di antaranya adalah sebagai berikut :
·          Validitas
·          Reliabilitas
2.      Analisis Regresi Linier Sederhana
3.      Analisis Koefisien Korelasi
4.      Uji Hipotesis
5.      Analisis Koefisien Determinasi


2 komentar:

  1. kak sori boleh minta kontaknya, saya mau nyari referensi buat nulis PI. email saya di medinarizkii@gmail.com makasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. Kk maaf sebelumnya, boleh minta kontaknya, mau nyari referensi buat skripsi, email rinijulianti@gmail.com terima.

    BalasHapus