Minggu, 09 Januari 2011

GENRE MUSIK

MOD
Mod (dari modernis) adalah sebuah subkultur yang berasal di London, Inggris pada akhir 1950-an dan mencapai puncaknya pada awal 1960-an pertengahan.
elemen signifikan dari subkultur mod meliputi: fashion (sering setelan tailor-made), musik pop, termasuk jiwa Amerika Afrika, ska Jamaika, dan musik mengalahkan Inggris dan R &B; dan skuter Italia. Adegan mod asli juga terkait dengan amfetamin berbahan bakar menari sepanjang malam di klub. Dari pertengahan hingga akhir 1960-an dan seterusnya, media massa sering menggunakan istilah mod dalam arti yang lebih luas untuk menggambarkan segala sesuatu yang diyakini populer , mode atau modern.
Ada kebangkitan kembali mod di Britania Raya pada akhir tahun 1970, yang diikuti dengan kebangkitan kembali mod di Amerika Utara pada awal 1980-an, khususnya di California Selatan.


Sejarah
Dick Hebdige menyatakan bahwa nenek moyang subkultur mod "tampaknya telah sekelompok pesolek kelas pekerja, mungkin diturunkan dari para penggemar dari gaya busana Italianite" Mary Anne Long tidak setuju., Menyatakan bahwa "tangan pertama rekening dan kontemporer titik teoretisi ke atas bekerja atau kelas menengah di London East End dan pinggiran kota. "Yahudi Sosiolog Simon Frith menegaskan bahwa subkultur mod memiliki akarnya dalam budaya 1950-an hippi kopi bar, yang melayani ke sekolah seni siswa dalam adegan bohemian radikal di London Steve Sparks, yang mengaku menjadi salah satu mods asli, setuju bahwa sebelum mod menjadi komersial, itu pada dasarnya merupakan perpanjangan dari budaya hippi: "Ini berasal dari 'modernis', itu hubungannya dengan jazz modern dan hubungannya dengan Sartre "dan eksistensialisme. Sparks berpendapat bahwa" Mod telah banyak disalahpahami ... sebagai prekursor ini kelas pekerja, skuter-naik dari skinhead. "
Bar kopi yang menarik untuk anak muda, karena berbeda dengan pub khas Inggris, yang ditutup sekitar pukul 11:00, mereka buka sampai dini hari. bar kopi memiliki jukebox, yang dalam beberapa kasus reserved beberapa ruang dalam mesin untuk catatan sendiri siswa. Pada akhir 1950-an, bar kopi yang terkait dengan jazz dan blues, tetapi di awal 1960-an, mereka mulai bermain musik R & B lebih banyak. Frith catatan bahwa meskipun bar kopi pada awalnya ditujukan untuk siswa kelas menengah seni sekolah, mereka mulai memfasilitasi mencampurkan pemuda dari berbagai latar belakang dan kelas. Pada tempat ini, yang Frith panggilan tanda "pertama dari gerakan pemuda" , pemuda akan bertemu kolektor R & B dan catatan blues, yang memperkenalkan mereka untuk jenis baru dari musik Afrika-Amerika, yang tertarik untuk remaja untuk kementahan dan keaslian. Mereka juga menonton film-film seni Perancis dan Italia dan membaca majalah Italia untuk mencari ide-ide gaya Menurut Hebdige, subkultur mod akumulasi bertahap mengidentifikasi simbol-simbol yang kemudian datang untuk dihubungkan dengan adegan, seperti skuter, pil amfetamin., dan musik
Spoiler for foto:



Mode
Jobling dan Crowley disebut subkultur mod sebuah kultur "mode-terobsesi dan hedonistik dari" hyper-keren orang dewasa muda yang tinggal di London metropolitan atau kota-kota baru di selatan. Sehubungan dengan peningkatan kemakmuran pasca-perang Britania, pemuda tahun 1960-an awal adalah salah satu generasi pertama yang tidak harus menyumbangkan uang mereka dari pekerjaan setelah-sekolah untuk keuangan keluarga. Sebagai mod remaja dan dewasa muda mulai menggunakan pendapatan mereka untuk membeli pakaian bergaya, toko-toko butik pertama pemuda bertarget pakaian dibuka di London di Street Carnaby dan kabupaten Kings Road. Maverick perancang busana muncul, seperti Mary Quant, yang dikenal untuk desain semakin pendek rok mini, dan John Stephen
Dua subkultur pemuda membantu membuka jalan untuk fashion mod dengan melanggar tanah baru; beatniks, dengan gambar bohemian mereka baret dan turtleneck hitam, dan Teddy Boys, dari mod fashion yang diwarisi "nya kecenderungan fashion narcissitic dan teliti" dan terlihat rapi pesolek Teddy Boys membuka jalan untuk membuat bunga jantan dengan cara sosial bisa diterima, karena sebelum Teddy Boys. di Britania terutama terkait dengan gaya flamboyan subkultur bawah tanah rias homoseksual.
Royal Air Force roundel, sebuah account symbol.Newspaper mod dari pertengahan 1960-an terfokus pada obsesi mod dengan pakaian, sering rincian harga setelan mahal dikenakan oleh mods muda, dan mencari kasus-kasus ekstrim seperti mod muda yang diklaim bahwa dia akan "pergi tanpa makanan untuk membeli pakaian" Jobling dan Crowley. berpendapat bahwa untuk bekerja mods kelas, fokus subkultur pada fashion dan musik adalah rilis dari membosankan "dari kehidupan sehari-hari" pada pekerjaan mereka. Jobling dan Crowley diketahui bahwa subkultur yang memiliki unsur-unsur yang kuat konsumerisme dan belanja, mods tidak pasif konsumen, melainkan mereka sangat sadar diri dan kritis, menyesuaikan "ada gaya, simbol dan artefek" seperti bendera Union dan Royal Air Angkatan roundel simbol, dan menempatkan mereka di jaket mereka dalam gaya-pop art, dan meletakkan tanda tangan pribadi mereka pada gaya mereka Lagu "Dedicated Pengikut Mode". oleh The Kinks dari 1966 lelucon tentang obsesi mode dari mod masyarakat.
Mod fashion mengadopsi gaya Italia dan Prancis baru sebagian sebagai reaksi terhadap rocker kota kecil dan pedesaan, yang dilihat sebagai terjebak pada 1950-an, kulit mereka dengan pakaian sepeda motor dan melihat greaser Amerika. Pria mods mengadopsi melihat, halus canggih yang menekankan sesuai Italia tailor-made (kadang-kadang putih) dengan kerah yang sempit, pakaian mohair, dasi tipis, tombol-down shirt kerah, wol atau kasmir jumper (crewneck atau V-neck), berujung runcing sepatu kulit yang dijuluki winklepickers, serta Chelsea atau "The Beatles" sepatu bot, Malai Loafers, Clarks 'Desert Boots bahkan Bowling shoes, dan gaya rambut yang meniru tampilan tidak jelas aktor-aktor Perancis bioskop Nouvelle era, seperti Jean-Paul Belmondo. Sebuah mods Beberapa pria pergi melawan norma-norma gender pada zaman tersebut dengan meningkatkan tampilan mereka dengan eye shadow, lipstik atau bahkan dipilih lebih dari sepeda motor karena menggunakan skuter 'dari bodypanelling dan bagian yang bergerak tersembunyi membuat mereka lebih bersih dan kurang cenderung noda setelan mahal dengan gemuk. Scootering menyebabkan pemakaian parka militer untuk melindungi pakaian mahal dan celana dari lumpur dan hujan. Wanita mods berpakaian androgynously, dengan potongan rambut pendek, celana panjang laki-laki atau kemeja (kadang-kadang) pacar mereka, sepatu flat, dan makeup sedikit - yayasan sering kali hanya pucat, eye shadow cokelat, lipstik putih atau pucat dan bulu mata palsu. Wanita mods mendorong batas toleransi orang tua dengan rok mini mereka, yang mendapat semakin pendek antara awal dan pertengahan 1960-an. Sebagai mode mod perempuan pergi dari gaya bawah tanah untuk dengan cara yang lebih komersial, ramping model seperti Jean Shrimpton dan Twiggy mulai contoh tampilan mode mod tinggi. Program televisi Ready Steady Go!, Disajikan oleh Cathy McGowan, membantu untuk menyebarkan kesadaran mode mod dan musik ke audiens yang lebih besar.
Spoiler for foto:


Klub, musik, dan menari
Para mods asli berkumpul di sepanjang malam-klub seperti The Roaring Dua puluhan, The Scene, La diskotik, The Flamingo dan The Marquee di London untuk mendengar catatan terbaru dan untuk memamerkan pakaian dan gerakan tarian. Sebagai mod menyebar di seluruh Britania Raya, klub-klub lain menjadi populer seperti Twisted Wheel Club di Manchester Mereka mulai mendengarkan musik jazz "modern yang canggih halus" dari Dave Brubeck dan Modern Jazz Quartet.. "Mereka menjadi" ... pakaian terobsesi, keren, didedikasikan untuk R & B dan tarian mereka sendiri. Black prajurit Amerika, ditempatkan di Britania selama Perang Dingin, juga membawa lebih dari ritme dan blues dan catatan jiwa yang tidak tersedia di Britania, dan mereka sering dijual ini untuk orang-orang muda di London. Meskipun The Beatles berpakaian "mod" pada tahun-tahun awal mereka, musik mengalahkan mereka tidak populer di kalangan mods, yang cenderung lebih suka band R & B. berdasarkan seperti Small Faces, The Kinks, The Yardbirds dan terutama The Who ,Pengaruh surat kabar Inggris pada penciptaan persepsi publik mods memiliki gaya hidup clubgoing senggang diisi dapat dilihat dalam artikel 1964 di The Sunday Times. Makalah ini mewawancarai mod 17 tahun yang pergi clubbing tujuh malam dalam seminggu dan menghabiskan Sabtu sore untuk belanja pakaian dan catatan. Namun, beberapa remaja Inggris dan orang dewasa muda akan memiliki waktu dan uang untuk menghabiskan banyak waktu ini pergi ke klub malam. Jobling dan Crowley mengatakan bahwa mods paling muda bekerja 9-5 pada pekerjaan semi-terampil, yang berarti bahwa mereka memiliki waktu luang jauh lebih sedikit dan hanya pendapatan sederhana untuk menghabiskan waktu mereka selama off.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar